Renungan Kristen

HIDUP ORANG KRISTEN

Renungan di ambil dari 1 Pet 4: 7 - 11

Tanpa kita sadari sebenarnya keadaan di sekitar kita tidaklah menjadi lebih baik. Banyak pemberitaan di surat kabar yang memberitakan mengenai pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, dan sebagainya. Apa yang dituliskan dalam Firman TUHAN sungguh benar adanya.

 

Dikatakan di 2 Tim 3:1-5 bahwa Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar . Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi , tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah  mereka , tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! 

Kita harus sadar bahwa kita hidup di zaman akhir dan yang menjadi renungan kita adalah bagaimana kita harus hidup sebagai anak-anak TUHAN?

 

1. Kuasai dirimu dan jadilah tenang (ay 7)

Bagaimana dan apa tandanya anak-anak Tuhan dapat menguasai diri dan menjadi tenang? Kuncinya adalah hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Hidup dalam pimpinan itu bukan 1 atau 2 hari akan tetapi setiap saat ada dalam pimpinan Roh Kudus.Doa menjadi kunci persekutuan kita dengan Tuhan. Doa yang dipenuhi urapan Roh Kudus akan menjadikan kita kuat dan bertumbuh di dalam pengenalan kita akan Tuhan.Tanda-tanda kita memiliki persekutuan yang baik dengan Tuhan adalah adanya Buah-buah Roh. Salah satu buah Roh adalah mengenai penguasaan diri. Inilah yang membuat orang mampu menguasai diri dan menjadi tenang. Tanda kalau kita hidup dalam pimpinan Roh Kudus adalah kita tetap tenang ketika problem datang, masalah datang.Bukannya kita masa bodoh terhadap masalah tersebut namun kita yakin dan percaya kalau kita bersama dengan Tuhan.Kita lakukan apa yang bisa kita lakukan dan Tuhan pasti penyelesainya. Amin.

 

2. Kasihilah seorang akan yang lain(ay 8)

Aplikasi dari iman percaya kita adalah lakukan kasih satu dengan yang lain, bukan perasaan kasih saja namun terlebih tindakan yang nyata. Pada akhir zaman dengan bertambahnya kedurhakaan,kasih akan menjadi dingin(Mat 24:12).

Beberapa saat lalu dikabarkan anak kandung membunuh ibunya hanya karena sakit hati.Di mana kasih antara ibu dan anak tersebut?

Saudara/i ku, kesempatan masih ada untuk melakukan segala hal yang baik yang bisa kita lakukan bagi orang lain. Di ayat yang ke 9 - 11, dikatakan bahwa: berilah tumpangan... , layanilah seorang ..., sampaikanlah firman Tuhan... Nyatakanlah itu dengan kekuatan yang dianugerahkan Tuhan kepada kita.Bukan dengan kekuatan kita sendiri tetapi dengan kekuatan yang Tuhan berikan kepada kita. Oleh karena itu biasanya tanpa anugerah Tuhan sering kali kita "eman-eman" kalau memberi sesuatu kepada yang membutuhkan.

Pesan Tuhan jelas bahwa nyatakanlah kasih itu supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin. Amin.